Contoh Teks Eksplanasi

Posted on

Contoh Teks Eksplanasi yang Menarik dan Lengkap 2019 – Di kesempatan kali ini Edin08.com akan membahas mengenai Contoh Teks Eksplanasi mulai dari Contoh Teks Eksplanasi Tsunami, Pelangi, Gunung Meletus, Banjir dan Tanah Longsor untuk simaklah contoh-contohnya di bawah ini.

Contoh Teks Eksplanasi
Contoh Teks Eksplanasi

Contoh Teks Eksplanasi

Sebelum masuk kepada pembahasan pokok yaitu Contoh Teks Eksplanasi, kita perlu mengetahui terlebih dahulu mengenai unsur / struktur teks eksplanasi, lalu apa saja struktur teks eksplanasi?

  1. Pernyataan umum: Di bagian pernyataan umum di dalamnya berisikan / memuat tentang penjelasan umum tentang suatu topik, kejadian atau peristiwa yang dibahas.
  2. Urutan Sebab Akibat: Di bagian deretan penjelas / urutan sebab dan akibat yang tentunya di dalamnya terdapat informasi tentang sebab dan akibat dari suatu peristiwa atau fenomena.
  3. Simpulan/Penutup (Interpretasi): Di bagian ini adalah penutup atau berisi kesimpulan tentang topik yang telah dijelaskan.

Nah, setelah kita mengetahui strukturnya langsung saja simak contoh lengkapnya berikut ini :

Contoh Teks Eksplanasi Tsunami

#Contoh Teks Eksplanasi

Tsunami

Pernyataan Umum:

Tsunami, kata ini berasal dari bahasa jepang dan terdiri dari 2 suku kata yaitu “tsu” yang artinya “pelabuhan” dan “nami” yang artinya “gelombang”. Para ilmuwan kerap mengartikannya dengan sebutan “tidal wave” (gelombang pasang) atau seismic sea waves (gelombang laut dampak gempa).

Tsunami adalah gelombang laut yang datang secara tiba-tiba dan dengan kecepatan tinggi yang menuju kawasan pantai, yang mana tsunami ini disebabkan karena adanya aktivitas gunung berapi atau gempa yang terjadi di bawah laut.

Urutan Sebab-Akibat:

Saat gempa terjadi dan kemudian permukaan dasar laut naik dan turun di sepanjang patahan, maka saat itu pula tsunami ini terbentuk. Patahan tersebut menyebabkan keseimbangan air laut menjadi terganggu. Patahan yang besar menyebabkan timbulnya gelombang yang besar juga.

Setelah gempa terjadi, air laut biasanya akan mengalami surut. Dan akan kembali ke daratan dengan bentuk tsunami atau gelombang besar.

Tsunami juga terjadi disebabkan adanya peristiwa letusan gunung berapi di dasar laut yang menimbulkan tingginya pergerakan air laut dan perairan di dekatnya.

Tsunami atau gelombang besar ini memiliki kecepatan gelombang yang lebih besar daripada gelombang yang biasnya. Bahkan hingga 700km per jam dan hampir sama kecepatannya dengan laju pesawat.

Biasanya tinggi gelombang tsunami ini mencapai 50 sampai dengan 100 meter serta akan menyebar ke semua arah. Ketinggian tsunami dipengaruhi oleh bentuk maupun oleh kedalaman pantai.

Maka, gempa bumi yang terjadi di dasar laut sangat memungkinkan akan terjadinya tsunami.

Simpulan/Penutup (interpretasi):

Faktanya, tsunami menjadi peristiwa alam yang berbahaya bagi kehidupan makhluk hidup khususnya manusia karena bisa menyebabkan kerusakan besar bahkan dapat merenggut ribuan jiwa apalagi jika peristiwa ini terjadi secara mendadak.

Maka dari itu kita harus waspada setiap saat dan selalu menyiapkan diri untuk menghadapi bencana alam seperti tsunami ini.

Contoh Teks Eksplanasi Pelangi

#Contoh Teks Eksplanasi

Pelangi

Pernyataan Umum:

Pelangi atau dikenal juga dengan sebutan bianglala adalah peristiwa alam yang terjadi disebabkan adanya pembiasan cahaya matahari oleh butir-butir air.

Pelangi memiliki berbagai macam warna yang menjadi satu-kesatuan atau sejajar yang tampak di langit, pelangi juga dianggap sebagai gejala optik.

Biasanya pelangi berbentuk busur, dan masing-masing ujung dari pelangi ini mengarah pada titik yang tidak sama. Pelangi tampak seperti busur cahaya yang mana ujungnya mengarah pada horizon di suatu saat hujan ringan. Tidak jarang pelangi ini bisa dilihat di sekitar air terjun yang deras.

Urutan Sebab-Akibat:

Pelangi muncul disebakan adanya cahaya yang membias dan menyimpang menjauhi partikel. Ketika matahari terbenam, langit akan berubah warna menjadi merah hal ini disebabkan sinar matahari melewati atmosfer yang tebal dibanding dengan keadaan matahari di siang hari.

Pelangi tidak akan tampak ketika malam hari atau saat cuaca mendung. Jelas, hal tersebut menandakan bahwa pelangi merupakan peristiwa alam yang disebabkan karena pembiasan cahaya.

Awalnya cahaya matahari melintasi tetes hujan kemudian dibiaskan atau dibelokkan ke arah tengah tetes hujan sehingga menciptakan cahaya putih berubah warna menjadi warna spektrum.

Simpulan/Penutup (interpretasi):

Pelangi dapat kita lihat ketika hujan pada saat matahari bersinar dari sisi yang berlawanan dengan arah kita menghadap. Sehingga posisi kita ada di antara matahari dan juga tetesan air dengan posisi matahari ada di belakang kita.

Sederhananya begini, kita sebagai pengamat pusat busur pelangi harus berada di satu garis lurus. Sehingga kita akan bida melihat kenampakan dan indahnya warna-warni pelangi.

Contoh Teks Eksplanasi Gunung Meletus

#Contoh Teks Eksplanasi

Gunung Meletus

Pernyataan Umum:

Fenomena alam ini terjadi karena disebabkan karena adanya endapan magma yang terdapat di dalam perut bumi yang kemudian disemburkan oleh gas dengan kekuatan yang sangat besar.

Selain bencana alam tsunami, gunung meletus juga merupakan bencana alam yang mengerikan dan dapat menyebabkan banyak korban jiwa.

Urutan Sebab-Akibat:

Dikatakan bahwa nyaris seluruh gunung berapi berkaitan dengan daerah kegempaan yang kian aktif, karena berhubungan langsung dengan batas-batas lempeng bumi.

Peristiwa alam gunung meletus ini diawali dengan adanya perubahan tekanan batas lempeng bumi yang kemudian menyebabkan perubahan suhu yang drastis.

Hal tersebut menyebabkan material batuan yang ada di disekitarnya meleleh, atau yang kita kenal dengan magma (cairan pijar). Magma tersebut akan mengintruksi material-material yang ada disekitarnya melintasi rekahan-rekahan menuju permukaan bumi.

Di kedalaman yang relatif, suhu yang tinggi bukan hanya akan melelehkan magma, lebih dari itu akan bisa melelehkan seluruh material yang terdapat di dalam perut bumi.

Seiringan dengan itu, akan muncul gas yang bercampur dengan magma. Magma yang keluar ketika gunung meletus terbentuk di kedalaman 60 sampai dengan 160 KM di bawah permukaan bumi.

Lalu gas yang bercampur dengan tadi ada di bawah tekanan batuan-batuan padat yang terdapat disekitar kawah. Sehingga tekanan ini menyebabkan gas dan magma bergerak ke arah permukaan bumi dan kemudian meletus secara bersamaan.

Simpulan/Penutup (interpretasi):

Sehingga gunung meletus hingga saat ini menjadi hal yang sangat menyeramkan untuk manusia. Karena luar dahsyatnya gunung berapi hingga bisa mengakibatkan terbentuknya pulau bahkan danau, lebih dari itu bisa menutupi atmosfer bumi yang tentunya akan menimbulkan perubahan suhu yang ekstrim.

Untuk itu kita harus senantiasa memperhatikan Skema peringatan gunung berapi yang diberikan oleh BMKG. Sehingga kita akan bisa menentukan waktu yang tepat untuk mengungsi jika terjadi erupsi gunung berapi.

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Banjir

#Contoh Teks Eksplanasi

Banjir

Pernyataan Umum:

Banjir merupakan peristiwa yang terjadi apabila aliran air yang berlebihan merendam suatu daratan. Banjir ini biasanya akan datang secara mendadak yang kemudiain mengalir secara deras sehingga banyak menghanyutkan benda yang di alirinya.

Banjir kemungkinan akan mengakibatkan banyak masalah seperti kehidupan, ekonomi, sosial, dan bahkan bisa merusak fasilitas umum atau pun sarana prasarana yang ada.

Urutan Sebab-Akibat:

Sudah kita maklumi bersama tentang banjir ini bahwa ada beberapa penyebab yang menimbulkan peristiwa yang satu ini. Penyebab terjadinya banjir yang paling utama adalah karena curah hujan tinggi di daerah-daerah tertentu sehingga air sungai tidak mampu menampung kapasitas air seperti biasanya.

Sampah yang menumpuk di sungai yang dibuang sembarangan oleh manusia, menjadi salah satu yang mengakibatkan banjir karena dampak dari sampah yang menumpuk tersebut akan menyebabkan aliran air sungai menjadi terhalang dan mampet.

Hutan gundul yang disebabkan penebangan liar juga berperan terhadap timbulnya banjir. Sebab, akar pohon yang berfungsi sebagai penyerap air, sudah musnah di tangan para penebang liar. Sehingga air sulit terserap dan yang tentunya akan menggenang di daratan.

Simpulan/Penutup (interpretasi):

Dampak yang disebabkan oleh banjir terbagi menjadi tiga, yaitu dampak primer, sekunder, dan tersier atau dampak jangka panjang.

  • Contoh dampak primer yaitu seperti kerusakan fisik seperti rusaknya bangunan, jembatan, jalan raya, dan lainnya.
  • Contoh dampak sekunder yaitu kurangnya persediaan air, timbulnya penyakit, pertanian & kesediaan pangan, pepohonan dan lainnya
  • Contoh dampak tersier: ekonomi akan menjadi sulit yang disebabkan oleh penurunan jumlah wisatawan, kelangkaan dalam segi pangan, biaya pembangunan kembali.

Sehingga kami mengajak manusia seluruhnya agar lebih tertib lagi membuat sampah, jangan sampai membuang sampah di sungai yang justru akan menjadi akibat timbulnya peristiwa banjir yang efek nya tentu akan kembali ke diri kita sendiri.

Contoh Teks Eksplanasi Tanah Longsor

#Contoh Teks Eksplanasi

Tanah Longsor

Pernyataan Umum:

Longsor merupakan peristiwa geologi yang timbulnya disebabkan adanya pergerakan masa batuan / tanah dengan berbagai jenis seperti jatuhnya gumpalan tanah yang dalam jumlah besar atau bisa juga karena jatuhnya bebatuan. Biasanya peristiwa longsor terjadi disebabkan oleh 2 faktor yaitu faktor pendorong & faktor pemicu.

Faktor pendorong yaitu adalah faktor yang dapat mempengaruhi kondisi material, sementara faktor pemicu yaitu ialah faktor yang menjadi penyebab material tersebut bergerak.

Meskipun banyak faktor yang dapat menimbulkan atau menyebabkan terjadinya tanah longsor, tetap penyebab utamanya adalah “gravitasi yang mempengaruhi lereng yang curam”.

Urutan Sebab-Akibat:

Negara kita Indonesia sering terjadi peristiwa tanah longsor ini, kebanyakan disebabkan oleh faktor gempa dan curah hujan yang tinggi atau deras. Gempa menyebabkan terjadinya pergerakan lempeng bawah tanah tergeser.

Proses terjadinya tanah longsor ini yaitu meresap nya air hujan ke dalam tanah sehingga mempengaruhi beban yang terjadi di dalam tanah sehingga berada di batas maksimal dalam menampung air.

Simpulan/Penutup (interpretasi):

Peristiwa tanah longsor ini tentunya akan menimbulkan kerugian yang besar, seperti kerusakan rumah, putusnya jalur transportasi, hilangnya harta benda, lebih dari itu memakan banyak korban jiwa.

Karena jarang orang dalam kejadian tanah longsor ini yang mampu menyelamatkan diri, dikarenakan tanah longsor terjadi dengan sangat cepat yang bisa mencapai 100km/jam.

Seandainya terdapat korban selamat, mungkin korban selamat tersebut akan mengalami trauma. Untuk itu kami menghimbau, jika mendengar suara gemuruh di dekat tebing atau jurang, segeralah lari menjauh ke dataran yang lebih stabil. Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT.

F.A.Q

Sebutkan struktur teks eksplanasi?

1. Pernyataan Umum
2. Deretan Penjelas / Urutan sebab dan akibat
3. Interpretasi

Apa pengertian teks eksplanasi?

Teks eksplanasi merupakan teks yang di dalamnya berisikan mengenai proses mengapa dan bagaimana peristiwa alam, sosial, budaya, ilmu pengetahuan, dan sebagainya bisa terjadi.

Apa tujuan dari teks eksplanasi?

1. Menjelaskan peristiwa / fenomena yang terjadi
2. Menjelaskan secara urutan mengenai sebab dan akibat suatu peristiwa

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Makalah Contoh Teks Eksplanasi yang Menarik dan Lengkap 2019. Semoga bermanfaat.

Related posts: