Teks Eksplanasi

Posted on

Teks Eksplanasi – Teks yang di dalamnya berisikan mengenai proses mengapa dan bagaimana peristiwa alam, sosial, budaya, ilmu pengetahuan, dan sebagainya bisa terjadi. Lebih lengkapnya simak penjelasan kami mengenai Materi Makalah Teks Eksplanasi Meliputi Pengertian, Ciri, Struktur, Unsur, Jenis, dan Tujuan Lengkap di bawah ini.

Teks Eksplanasi

Pengertian Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi merupakan teks yang di dalamnya berisikan mengenai proses mengapa dan bagaimana peristiwa alam, sosial, budaya, ilmu pengetahuan, dan sebagainya bisa terjadi.

Suatu peristiwa baik peristiwa alam atau sosial yang terjadi di sekitar kita, yang tentunya ada kaitannya dengan sebab dan akibat dan juga proses.

Kejadian / peristiwa yang terjadi di sekitar kita mestinya jangan hanya kita amati atau pun hanya kita dirasakan saja, akan tetapi harus kita jadikan sebagai pembelajaran mengapa kejadian-kejadian tersebut bisa terjadi dan juga mengenai bagaimana bisa terjadi peristiwa / kejadian seperti tersebut.

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Untuk membedakan teks eksplanasi dengan teks-teks lain ini sebenarnya cukup mudah. Mengapa demikian? karena teks yang satu ini memiliki ciri-ciri yang sangat menonjol dan khusus, diantaranya sebagai berikut :

  1. Strukturnya terdiri dari beberapa penyataan umum, adanya urutan sebab dan akibat, dan juga interpretasi.
  2. Informasi yang dimuat tersebut didasari dengan fakta (faktual).
  3. Faktual tersebut berisikan informasi yang sifatnya ilmiah ataupun keilmuan, contoh misalnya seperti sains.
  4. Sifatnya informatif dan juga tidak berusaha untuk mempengaruhi si pembaca untuk percaya terhadap hal yang dibahas.
  5. Memiliki ataupun menggunakan penanda urutan (sequence markers). contoh pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya. Dan bisa juga dengan menggunakan: pertama, berikutnya, dan langsung yang terakhir.
  6. Artikel pendukung : Contoh seperti “Contoh Eksplanasi Budaya Beserta Strukturnya”

Struktur / Unsur Teks Ekplasnasi

Di dalam teks eksplanasi memiliki 3 struktur yang membangun teks ini sehingga menjadi satu kesatuan. Lalu apa saja struktur dari teks tersebut? sebagai berikut:

1. Pernyataan Umum

Di bagian pernyataan umum di dalamnya berisikan / memuat tentang penjelasan umum tentang suatu topik, kejadian atau peristiwa yang dibahas.

Pernyataan umum yang dimaksud bisa berupa pengenalan atau bisa juga hanya penjelasan secara singkat mengenai suatu peristiwa atau fenomena.

2. Deretan Penjelas

Di bagian deretan penjelas / urutan sebab dan akibat yang tentunya di dalamnya terdapat informasi tentang sebab dan akibat dari suatu peristiwa atau fenomena.

Bagian deretan penjelas atau urutan sebab dan akibat ini disusun sedemikian rupa sehingga bisa menjelaskan sebuah peristiwa secara urutan dari awal hingga akhir.

3. Interpretasi

Interpretasi adalah teks penutup dan bukan menjadi teks yang harus ada. Pada bagian interpretasi ini menjelaskan intisari atau kesimpulan dari pernyataan umum dan deretan penjelas dari topik yang dibahas.

Jenis-Jenis Teks Eksplanasi

Menurut NWS Departement School & Education (2012), teks yang satu ini ada 4 macam jenis. Lalu apa saja jenis jenis teks tersebut?

Perhatian Tabel Berikut Ini !

JenisKeteranganContohnya
Eksplanasi SequentialEksplanasi yang menjelaskan secara rinci atau pun tahapan suatu fenomena.Urutan siklus kehidupan dalam rantai makanan.
Eksplanasi KausalEksplanasi yang menjelaskan mengenai hal yang berkenaan dengan asal-muasal / penyebab terjadinya perubahan suatu hal yang terjadi secara bertahap.Proses terjadinya tanah longsor.
Eksplanasi FaktorialEksplanasi yang memuat atau menjelaskan mengenai efek serta hasil dari suatu proses.Dampak terjadinya kolonialisasi.
Eksplanasi TeoritisEksplanasi yang berisi atau memuat spekulasi kemungkinan yang dapat terjadi di balik sebuah fenomena alam.Letusan gunung api yang menyebabkan terjadinya bencana alam

Tujuan Teks eksplanasi

Setelah kita memahami mulai dari pengertian hingga jenis jenis dari teks yang satu ini, lalu apa tujuan dari teks tersebut? Adapun tujuannya diantaranya sebagai berikut ::

  1. Menjelaskan peristiwa / fenomena yang terjadi
  2. Menjelaskan secara urutan mengenai sebab dan akibat suatu peristiwa
Apa itu teks eksplanasi?

Merupakan teks yang di dalamnya berisikan mengenai proses mengapa dan bagaimana peristiwa alam, sosial, budaya, ilmu pengetahuan, dan sebagainya bisa terjadi.

Sebutkan struktur teks eksplanasi?

1. Pernyataan Umum
2. Deretan Penjelas / Urutan sebab dan akibat
3. Interpretasi

Sebutkan jenis-jenis teks eksplanasi?

1. Eksplanasi Sequential
2. Eksplanasi Kausal
3. Eksplanasi Faktorial
4. Eksplanasi Teoritis

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Makalah Teks Eksplanasi Lengkap. Semoga bermanfaat.

Related posts: